Sup Jagung Ayam, Menu Hangat nan Lezat untuk Sang Buah Hati yang Sedang Sakit

Hai Bunda, apa kabar? Di masa pergantian cuaca seperti ini, semoga Bunda dan keluarga senantiasa sehat. Namun apa jadinya jika si kecil sudah mulai menunjukkan gejala terserang flu dan demam? Tentulah hal pertama yang harus Bunda lakukan adalah membuatnya tetap mau untuk menyantap makanannya, minum air putih hangat yang banyak, mengonsumsi obat dan memperbanyak istirahat. Kenapa makan menjadi yang pertama harus diperhatikan? Yap, karena saat si kecil sakit, tak hanya fisik yang menurun, tapi juga enggan melakukan apapun termasuk makan. 

Lalu makanan apa ya yang sebaikan Bunda berikan saat si kecil sakit? Sebaiknya Bunda sajikan makanan yang bertektur lembut dan mudah dicerna oleh pencernaan. Seperti salah satunya Sup Jagung Ayam yang resepnya akan kami sajikan untuk Bunda kali ini. Langsung saja yuk Bunda, simak resep berikut!

Bahan-bahan

  • 1 buah jagung ukuran besar
  • 100 gr dada ayam
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • 1000 ml air
  • 200 ml air kaldu rebusan ayam
  • 50 gr tepung maizena, larutkan dengan 100 ml air
  • 30 gr margarine
  • Secukupnya garam, gula, lada bubuk dan kaldu bubuk jamur

Cara Membuat

1. Reret/pipil jagung, cuci bersih, sisihkan. Rebus ayam sampai matang, suwir, sisihkan. Ambil air kaldunya 200 ml. Potong dadu bawang bombay, kocok lepas telur ayam, sisihkan.

2. Lelehkan margarine, tumis bawang bombay sampai harum dan sisi-sisinya berkaramel. Lalu masukan 200 ml air kaldu ayam dan 800 ml air aduk rata. Biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukan jagung pipil dan ayam suwir, aduk rata lagi. Masak beberapa saat.

3. Setelah mendidih beri garam, gula, merica dan kaldu bubuk jamur, aduk rata. Kemudian masukan kocokan telur ayam sambil diaduk cepat (penampakan telur jadi seperti serabut). Terakhir masukan larutan maizena, aduk rata. Masak terus sampai sup mengental dan matang. Koreksi rasa. Angkat, siap disajikan.

Mudah, cepat, dan murah bahan alias ekonomis. Namun hasilnya top markotop lezatnya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun akan mau menyantapnya meski sedang sakit. Sajikan hangat ya Bunda. Jika Bunda dan si Ayah mau ikut menyantap dan menginginkan rasa pedas, Bunda bisa dampingi Sup Jagung Ayam ini dengan sambal kecap atau saos sambal kemasan favorit Bunda dan keluarga.

Ingat! Membiarkan anak tidak makan atas dasar pemakluman karena sedang sakit bukan solusi terbaik, ya Bunda. Hal ini akan membuat tubuh menggunakan lemak dan otot sebagai sumber energi dan nutrisi. Di samping itu, berat badan otomatis akan berkurang dan dikhawatirkan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Salam sehat dari kami untuk Bunda dan keluarga! Terus berkreasi dan tetap semangat!

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel