Pempek Dos Kapal Selam Tetap Lezat Walau Minus Ikan

Pempek Kapal Selam, Lenjer, Adaan sudah kita kenal dan mungkin Bunda adalah salah satu penggemar sajian Pempek khas Palembang berbahan ikan dan tepung sagu ini. Tapi bagimana dengan Pempek Dos? Satu varian pempek ini diketahui nyeleneh tak menyertakan ikan sama sekali dalam bahan bakunya. Hhmm.. apakah bisa seenak pempek Palembang yang identik dengan ikan?

Jawabannya bisa.. ajaib kan? Ya tentunya dalam artian, meski minus aroma gurih ikan, Pempek Dos ini memiliki tekstur sama dengan Pempek pada umumnya, lembut di dalam dan renyah di luar, dan sangat yummy disantap bareng kuah cuko segar. Jika Bunda tak memiliki stok ikan, atau malah seorang penggiat vegetarian namun ingin menikmati pempek, Pempek Dos ini lah solusinya.


Sekarang waktunya Bunda simak resep Pempek Dos Kapal Selam yang sudah kami pilihkan untuk Bunda coba di rumah, silakan Bunda!

Bahan-bahan

Bahan untuk biang:

  • 400 ml air
  • 200 gr terigu
  • secukupnya Garam dan gula

Bahan untuk adonan pempek:

  • 3 btr telur dikocok (dicampur ke dalam adonan pempek)
  • 5 siung bawang putih dihaluskan
  • 400 gr sagu tani

Bahan untuk isian:

  • 2 btr telur dikocok beri garam, gula sedikit

Cara Membuatnya

  1. Dalam panci campur terigu, air, garam dan gula. Aduk rata. Nyalakan api, masak sambil diaduk-aduk sampai menggumpal seperti bubur (hati-hati gosong). Angkat dan biarkan hangat.
  2. Pindahkan biang yang sudah tidak panas ke dalam baskom. Dalam keadaan hangat tambahkan bawang putih, telur kocok. Aduk rata pakai sendok kayu.
  3. Masukkan sagu sedikit demi sedikit. Aduk rata.
  4. Balur tangan dengan sagu, ambil sebagian adonan bentuk silinder.
  5. Buat lubang dengan menggunakan jari telunjuk. Bentuk seperti contong kemudian isi dengan telur kocok.
  6. Tutup adonan pempek rapat-rapat supaya tidak terbuka pada saat direbus.
  7. Rebus pempek dalam air mendidih sampai matang, angkat.

Mudah kan untuk membuat Pempek Dos ini, Bun? Bahan-bahannya mudah dicari, tanpa ikan sehingga jauh lebih ekonomis, rasanya pun sedap disantap bersama keluarga. Jangan lupa sajikan dengan kuah cuko ya, Bun! Selamat mencoba!

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel