Mulus Kempus-kempus Tanpa Kentang Dengan Donat Maizena

Halloo Bunda semuanya… apakah sang buah hati suka Donat? Ya, kali ini kita akan kupas tuntas Donat Maizena yang akan membuat buah Hati Bunda tersenyum senang, dan bersorak riang. Dan tentunya Bunda akan ikut senang karena bisa membuat anak riang bahagia dan tersenyum senang dengan Donat buatan sendiri yang tentunya sangat hemat. Walau hemat, namun sangat memuaskan dengan permukaan kulit yang halus, kenyal dan empuknya Bun… kempus-kempus plus aroma dan rasa susunya nyuss banget.

Singkirkan segala pemikiran yang menakutkan tentang membuat Donat, jangan terbebani dengan wujud seperti yang “Kardusan”, apalagi memikirkan muncul white-ring atau tidak. Fokus pada niat Bunda untuk membahagiakan buah hati, orang yang dicintai, dan senyuman orang yang menyantapnya. Ikuti resep Donat Maizena ini dengan seksama. Dan bersiaplah tersenyum bahagia bersama-sama buah hati, keluarga, dan orang-orang yang dicintai. Jadikan eksekusi resep ini menjad agenda mengisi waktu saat berkumpul bareng keluarga di akhir pekan. Siap? Yuk, simak resep di bawah ini.


Bahan-bahan

  • 250 gr terigu protein tinggi
  • 25 gr maizena
  • 50 gr gula pasir
  • 6 gr ragi / setengah bungkus fermipan, mauripan
  • 1 butir telur + susu cair total jadi sejumlah 175 ml
  • 50 gr mentega
  • Sejumput garam

Cara Membuat

  1. Campur terigu, maizena, gula, ragi sampai rata. Masukkan telur, tuangi cairan, uleni sampai rata. Tambahkan mentega dan garam uleni sampai kalis elastis. 
  2. Bagi adonan menjadi 16 bulatan (kurang lebih @ 32gr) bentuk menjadi bulatan yang licin dan rapi, susun tiap bulatan di nampan secara berututan.
  3. Setelah selesai dibulatkan semua, ambil adonan yang pertama dibulatkan, tekan dan pipihkan, lubangi bagian tengahnya (bisa pakai tutup bekas botol pewarna makanan). Susun pada nampan adonan yang telah dilubangi. Lakukan sampai adonan habis. Istirahatkan sampai mengembang dan ringan.
  4. Goreng dengan api kecil.

Notes:

  • Tuang cairan susu sedikit demi sedikit, apabila sudah dirasa cukup stop menambahkan cairan, jika masih keras boleh menambah cairan lebih dari takaran resep
  • Gunakan sumpit kayu untuk mempertahankan lubang donat saat digoreng, letakan sumpit di tengah lubang donat saat donat baru dimasukan ke dalam minyak, putar pelan sampai donat sedikit mengembang. Angkat sumpit dan biarkan donat matang.

Tarraaaa.. Donat Maizena siap disantap dengan berbagai macam topping favorit keluarga. Bunda bisa gunakan taburan gula donat, atau olesi donat dengan glazing beraneka rasa, dan taburi dengan parutan keju atau meises berwarna-warni. Ajak sang buah hati untuk ikut menghias donat miliknya.. acara akhir pekan bareng keluarga pun akan semakin meriah. Horeeee!!

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel