Bikin Camilan Asik Kekinian “Crispy Almond Cheese”, Kuy!! Tipis, Renyah, Gurih Bikin Nagih

Crispy Almond Cheese, adalah snack kekinian yang beberapa tahun lalu booming dan viral di media sosial. Camilan ini populer di Surabaya dan daerah Jawa Timur. Bahkan bisa banyak ditemukan di toko oleh-oleh Jawa Timur. Renyah dan lezatnya bikin banyak orang jatuh cinta begitu gigitan pertama. Tipis, renyah, dan gurih almond juga kejunya bikin nagih ingin makan lagi dan lagi. Sesuai namanya, camilan ini memakai taburan almond dan keju ya.

Nah di Perancis negeri asalnya, makanan tipis renyah ini disebut Tuile, atau Almond Tuile, biasa menjadi dessert di acara-acara penting atau hidangan keluarga. Ciri khas kandungannya memang almond-nya, dan sering kali dibumbui rasa vanilla yang khas. Jika Bunda ingin merasakan kelezatannya, tak harus jauh-jauh ke Surabaya, apalagi ke Perancis, karena Bunda bisa membuatnya sendiri dengan resep pilihan kami kali ini dari akun Instagram @umi_babyraj. Dicatat resepnya, ya Bun..

Bahan-bahan

  • 300 gr putih telur (7 butir putih telur ukuran sedang)
  • 200 gr gula pasir
  • 100 gr kacang almond (slice)
  • 100 gr keju parut
  • 100 gr tepung protein sedang
  • 50 gr tepung sagu
  • 150 gr margarin leleh
  • 1/2 sdm perisa vanilla

Topping :

  • Kacang almond
  • Keju parut

Cara Membuat

  1. Kocok dengan whisk putih telur dan gula hingga gula larut (ini cepat larutnya, tidak perlu terlalu lama mengocoknya).
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung sagu dengan cara diayak. Campur hingga rata (dengan whisk).
  3. Tambah perisa vanilla dan margarine leleh. Campur kembali hingga rata.
  4. Ambil 1/2 - 1 sendok makan adonan, tuang di atas loyang yang beralaskan baking paper silicon. Bentuk lingkaran tipis dengan punggung sendok (putar punggung sendok di atas adonan)
  5. Taburi dengan almond dan keju parut.
  6. Oven sudah dipanaskan sebelumnya api sedang selama 15 menit.
  7. Masukkan adonan ke oven (api sedang). Setelah 10 menit pindah/ tukar tempat masing-masing loyang. (Yang awalnya di rak bawah, pindah rak atas dan sebaliknya, agar matang merata.
  8. Jika sudah terlihat kering (sesuaikan oven masing-masing), keluarkan dari oven.
  9. Tunggu hingga sudah agak dingin, kelupas almond crispy, dengan spatula.
  10. Saat uap hilang langsung masukkan ke dalam toples / wadah kedap udara.

Gampil beeeud kan Bunda untuk membuat camilan ringan nan lezat nagih Crispy Almond Cheese ini di rumah? Sekali gigit.. pasti mau lagi dan lagi. Bikin yang banyak sekalian deh Bun, soalnya pasti cepat habis tuh dikeroyok penduduk di rumah.. . Selamat mencoba ya, good luck!

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel