Potato Au Gratin, Hidangan Pelengkap Sedap a la Perancis

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih asing dengan hidangan yang bernama Potato au Gratin.  Di dunia kuliner Eropa, hidangan ini sangatlah populer. Dalam dunia kuliner, istilah “Gratin” dimaksudkan untuk membuat permukaan sebuah hidangan menjadi kecoklatan dengan cara dipanggang.

Tak seperti namanya yang sedikit sulit diucapkan dengan lidah Indonesia, ternyata mengolah Potato au Gratin tidak terlalu sulit lho Bunda, kuncinya adalah bahan-bahannya yang diperlukan dapat tersedia semua di meja dapur Bunda. Disamping itu, ternyata resep ini juga merupakan resep yang sangat fleksibel. Kita dapat menambahkan brokoli yang sudah direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 1 menit, potongan smoked beef, sosis atau jamur yang sudah dipotong tipis-tipis. Sepertinya menarik untuk dicoba ya Bun? Jika Bunda ingin merasakan kelazatannya, berikut resep Potato au Gratin yang kami pilihkan untuk Bunda.

Bahan-bahan

  • 2 bh kentang ukuran sedang, iris tipis
  • 100 gr jagung manis pipilan
  • 1 bh bawang bombay ukuran kecil

Bahan saus bechamel/saus putih;

  • 1,5 sdm margarin utk menumis
  • 1 siung bawang putih, geprek dan cincang kasar
  • 2 sdm munjung tepung terigu
  • 300 ml susu cair plain
  • 125 ml air kaldu ayam
  • Secukupnya garam/lada

Bahan taburan;

  • Secukupnya keju parut
  • Secukupnya oregano

Cara Membuat

1. Siapkan bahan-bahan (potongan kentang, jagung manis dan bawang bombay).

2. Saus bechamel: tumis bawang putih dengan margarin hingga wangi. Lalu tuang tepung terigu, aduk cepat jangan sampai misah bergerindil dan langsung tuang susu sedikit demi sedikit. Setelah itu tuang air kaldu. Aduk hingga adonan mengental seperti saus. Matikan api, sisihkan sebentar.

3. Siapkan pinggan tahan panas (misal: pyrex ukuran 20x10x5 cm yang sudah dioles margarin). Tata mulai dari: oles saus bechamel sedikit didasar wadah - lalu beri/tata kentang - tabur jagung secukupnya - saus bechamel - kentang dan jagung lagi - potongan bawang bombay - tutup dengan siraman bechamel lagi.

4. Terakhir taburi keju parut dan oregano secukupnya.

5. Panggang dioven yang sudah preheat di suhu 200o Panggang selama kurang lebih 45 menit (tergantung oven masing-masing, dan tentunya ketebalan serta lapisan kentang ya). Disini saus bechamel fungsinya ‘merebus’ kentang di dalam. Lakukan tes tusuk untuk tingkat kelembutan kentang.

Ternyata cara membuat Potato au Gratin cukup mudah ya Bunda, tak sesulit cara mengucapkan namanya. Sajian ini sangat cocok disajikan bersama dengan makanan lain yang berbahan dasar daging. Rasa creamy dan lembut Potato au Gratin akan menjadi teman yang sangat serasi untuk makan malam. Selamat mencoba ya Bunda! Bon appetit!

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel