Nikmatnya Ngemil Keripik Bayam Awet Renyah, Bisa Jadi Ide Jualan

Jika suka dengan gorengan, bisa jadi juga suka dengan keripik, betul kan Bun? Karena kedua kudapan asik buat ngemil saat bersantai ini memang memiliki basic pengolahan yang sama, yaitu digoreng di dalam minyak nabati yang melimpah. Bedanya jika gorengan diproses hanya sampai bahan yang digunakan dan balutan adonan tepung (jika menggunakan) matang. Namun untuk keripik, (biasanya) bahan diiris setipis mungkin, balut dengan adonan tepung lalu goreng hingga tepung dan isian benar-benar garing dan renyah. Mengiris bahan setipis mungkin bertujuan supaya bahan bisa betul-betul garing hingga ke dalam.

Nah.. kali ini kami sajikan resep Keripik Bayam Awet Renyah. Tak perlu mengiris-iris bahan setipis mungkin (karena yakiiin, proses mengiris tipis secara manual ini lah yang sering bikin Bunda sudah capek duluan jika belum terbiasa.. hehehe), Bunda cukup cuci bersih daun bayam dan tiriskan hingga bayam betul-betul kering. Pengen tahu seenak dan serenyah apa sih keripik bayam ini? Yuk langsung kita intip dan praktekkan resepnya di rumah!

Bahan-bahan

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri

Bahan kering :

  • 125 gr tepung beras (pilih kualitas baik)
  • 25 gr tepung tapioka (pilih kualitas baik)
  • 1 sdt peres ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt peres kunyit bubuk (atau 1 ruas kunyit dihaluskan)
  • 1 sdt peres garam (sesuai selera)
  • 1/2 sdt peres kaldu bubuk (sesuai selera)

Bahan utama :

  • 20-30 lmbr daun bayam lebar cuci bersih, tiriskan sampai air hilang
  • Secukupnya air (encer/kental adonan sesuai selera; me: 200ml air)

notes: semakin encer, hasil gorengan kripiknya semakin berminyak

  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

1. Siapkan bahan-bahannya. Air cucian daun bayam yang menempel pada daun bayam harus ditiriskan. Usahakan daun kering agar tidak mengencerkan adonan tepung.

2. Campur semua bahan kering, bumbu halus, air dalam wadah. Notes: kalau mau daunnya berbalut tepung banyak, airnya sedikit saja (agak kental adonan tepungnya), kalau mau daunnya tidak terlalu berbalut tepung, airnya banyakin (agak encer adonan tepungnya)

3. Goreng daun bayam dengan minyak panas dan api sedang sampai tepung berwarna kecoklatan/kering dan tidak ada gelembung-gelembung di minyak (minyaknya tenang). Angkat, tiriskan sampai minyak turun (tiriskan keripik dalam posisi berdiri, supaya minyak betul-betul mengalir turun). Dinginkan sampai suhu ruang, sebelum dimasukkan wadah/toples kedap udara.

4. Kripik bayam siap disantap atau disimpan di dalam wadah kedap udara

Bagaimana, cukup simpel dan mudah kan untuk mempraktekan resep Keripik Bayam Awet Renyah di atas? Kudapan lezat ini bisa juga lho untuk ide jualan! Nah, jika Bunda ingin membuatnya untuk dijual dalam kemasan atau stok dalam jumlah banyak. Supaya lebih tahan lama kriuknya minyak harus benar-benar hilang ya Bunda! Caranya, setelah digoreng dan ditiriskan, tata kripik bayam di loyang dengan alas kertas roti (untuk hasil yang lebih baik, gunakan saringan juga biar minyak yang turun tidak mengenai keripik lagi) kemudian oven selama 20-30 menit dengan suhu 150o celcius. Nanti hasilnya bisa dilihat, minyak turun ke loyang dan keripik benar-benar kering. Tunggu betul-betul dingin (suhu ruang), lalu kemas atau simpan di toples kedap udara.

Selamat mencoba Bunda! Semoga sukses!

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel