Resep Sambal Pete Nampol Pedasnya, Bikin Makan Makin Lahap

Pete, tanaman sayuran buah yang begitu kita mendengar namanya akan langsung teringat dengan aromanya. Ya, karena aromanya pula lah sebagian besar orang menghindarinya, tapi tidak kalah banyak juga penggemarnya. Pete sering disajikan sebagai lalapan, atau ditambahkan ke dalam olahan sayur untuk memberikan aroma dan cita rasa yang sedap, juga dijadikan olahan sambal nan pedas mengigit. Seperti halnya  pada Resep Sambal Pete akan kami hadirkan untuk Anda.

Bagi yang takut akan bau pete, jangan mundur dulu. Banyak tips mengurangi bau setelah makan pete, salah satunya dengan minum kopi hitam kental. Dan masih banyak lagi cara lain yang bisa anda goggling dan coba.

Apa saja Bahan-bahan yang Dibutuhkan.

Jika Anda ingin mencoba membuatnya, berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 35 buah Cabai rawit merah
  • 10 buah Cabai merah keriting
  • 10 butir Bawang merah (sisihkan 3 butir dan iris halus)
  • 3 papan Pete
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
  • Minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah Membuatnya

1. Setelah semua bahan siap, uleg atau blender kasar semua bahan, kecuali bawang merah iris dan pete.

2. Panaskan minyak, tumis bawang merah iris hingga harum, tambahkan cabai yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan tumis kembali hingga harum. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera. Koreksi rasa.

3. Setelah sambal sudah cukup matang, masukkan pete. Aduk rata. Masak sebentar hingga tercium aroma wangi pete. Matikan api.

4. Sajikan!.

Yippiiie.. Resep Sambal Pete yang nendang pedasnya sudah siap. Sajikan bersama ayam goreng, juga tahu dan atau tempe goreng. Dan jangan lupa, sebakul nasi putih hangat, karena kami yakin sepiring nasi tidak akan cukup saat Anda mulai menyantap sesendok demi sesendok nasi putih hangat beserta menu pendamping kali ini.

Oya, untuk menghasilkan sambal dengan citarasa yang enak ada triknya, lho.

Pertama, kunci utama dalam membuat sambal adalah cabai itu sendiri. Maka pilihlah cabai yang masih segar, begitu pula dengan bahan-bahan yang lain.

Kedua, yang membuat pedas sambal adalah biji cabai bukan kulitnya. Oleh karena itu haluskan pula biji cabainya agar rasa pedasnya mantap.

Ketiga, jika Anda memiliki waktu luang, maka haluskan sambal dengan cara diuleg, karena dengan cara ini akan meminimalisir penambahan cairan (air atau minyak) yang dapat menyebabkan berkurangnya tingkat kepedasan cabai. Namun apabila Anda termasuk orang yang sibuk, maka haluskan bahan-bahan sambal dengan bantuan blender, tambahkan sedikit air atau minyak untuk mempercepat proses penghalusan.

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel